Diskusi Buku Badak di Gramedia Botani Square Bogor

Persiapan acara

Persiapan suvenir

Jam belum menunjukkan pukul 9 pagi. Tapi loby Gramedia, Botani Square, Bogor, sudah dipenuhi anak-anak. Mereka adalah para peserta diskusi buku Buku Badak dan penyu Seri Binatang Langka Indonesia terbitan Elex Media Komputindo. Ketika Mbak Ika memberikan aba-aba untuk masuk ke ruangan, toko buku yang pagi itu masih lengang tiba-tiba diramaikan dengan celoteh anak-anak. Dengan rapi mereka duduk beralaskan karpet di salah satu sudut toko buku gramedia yang pagi itu disulap menjadi ruang diskusi. Tepat di sebelah kiri depan, terpampang layar putih yang menampilkan gambar badak putih Afrika, badak paling kondang yang paling dikenal oleh anak-anak.
Mbak Ika mulai woro-woro
In action bersama Kang Dede

Pemutaran slide

ketika kami mulai menampilkan slide-slide badak yang lain, banyak juga yang tak yakin ada lebih dari satu jenis badak di dunia. Pertanyaan, celoteh lucu dan komentar spontan selama acara berlangsung menjadi bumbu yang meramaikan acara diskusi itu. Dipandu oleh Mbak Ika dan Kang Dede dan didukung oleh para punggawa Forum Badak Indonesia, Yayasan Badak Indonesia dan rekan-rekan dari UNiversitas Negeri Jakarta serta Forum Satwa Liar, IPB, acara berlangsung meriah.
Membahas slide badak

Film-film tentang konservasi badak sumatera bergantian diputar, memunculkan tawa, keheranan dan kekaguman. Apalagi saat ditampilkan seekor badak yang buang air di semak-semak. Sontak berbagai komentar muncul. Tapi paling tidak reaksi spontan itu bisa menjadi jalan masuk bagi kami untuk melakukan kampanye.
On the Spot

Game meriah

Tim pemeriah

Acara diskusi buku badak sendiri sebenarnya direncanakan berlangsung 4 hari. Tetapi karena berbagai masalah, hanya dua hari efektif yang terlaksana. Mungkin juga semacam pelajaran berharga bagi kami dan Gramedia yang sebelumnya belum pernah menyelenggarakan acara serupa. Tapi respon pengunjung positif. Pada hari pertama, terjadi kesalahpahaman pada sekolah yang diundang. Sekolah Dasar Regina Pacis tak menghadiri undangan, tetapi seorang gurunya yang hadir bahkan mengundang kami mengadakan acara di sekolahnya. Akhirnya kami melakukan acara on the spot saja. Dan anak-anak yang kebetulan berkunjung ke Gramedia, mau meluangkan waktunya untuk melongo dan menatap gambar-gambar badak. Sesaat kemudian mereka mulai berebut memainkan game yang digelar. Tambahan lagi, ide undangan sekolah disepakati oleh pihak TB. Gramedia untuk melakukan kunjungan ke sekolah-sekolah. Tantangan lain yang harus kami jawab dengan penuh semangat. Go Rhino, go!
Previous
Next Post »

1 comments:

Click here for comments
Noonathome
admin
7:05 AM ×

Biar cuma jadi 2 hari, tapi keliatannya cukup sukses ya. Hayo bikin di Jakarta, biar tambah dikenal tuh badak.

Congrats bro Noonathome you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar
Post a Comment
Thanks for your comment