Bikin Novel, Siapa takut?

Akhirnya saya juga mulai tertarik untuk belajar bikin novel. Paling tidak ada beberapa naskah yang sudah masuk di penerbit dan lagi diedit. Insya Allah tahun ini ada yang terbit.
Ini beberapa judul yang masuk daftar tunggu penerbitan:
Menangkap Unicorn (Dar!Mizan)
Ini naskah yang umurnya sudah 10 tahun-an. Sekarang lagi rencana naik cetak di Dar! Mizan, Bandung. Ceritanya tentang petualangan khayalan antara seorang bocah dengan Ksatria Camelot yang terdampar di zaman kini. Sang bocah berusaha membantu sang ksatria menangkap seekor unicorn, kuda bertanduk satu, yang melarikan diri melalui cermin ajaib.
Naskahnya sudah pernah saya ikutkan di lomba penulisan naskah anak di Majalah Bobo pada tahun 1996. Sayang nggak menang. Aslinya naskahnya hanya 10 halaman. Akhirnya naskah singkat itu saya kembangkan menjadi novel sampai sekitar 200 halaman. Saya sudah mencoba menawarkannya kepada beberapa penerbit tapi belum ada sambutan. Akhirnya setelah naskah saya yang lain masuk di Dar!Mizan, saya coba memasukkan juga naskah ini pada tahun 2005. Benar-benar penantian yang panjang. Sampai bosan saya membacanya berulang-ulang. Bah!

Kemamang (Dar!Mizan)
Bagi yang suka cerita misteri dan penggemar acara macam Uka-uka dan Dunia Lain, mungkin tertarik dengan novel ini. Tapi novel ini sebenarnya gabungan antara misteri supranatural, legenda, dunia masa silam dan piring terbang. Campur aduk lah! Mungkin seperti gabungan X-File, Jurassic Park dan Close Encounter of the Third Kind versi lokal. Ceritanya tentang misteri pembunuhan misterius di kampung yang terisolir di tepi danau purba. Ini salah satu naskah favorit saya. Moga-moga aja cepat terbit. Do’akan ya!
Latar belakang penulisan naskah ini juga unik. Ceritanya saya ikut Lomba Penulisan Novel Remaja di Dar!Mizan. Kebetulan saya punya naskah setengah jadi. Saya tinggal menyelesaikan sisanya dan menambahkan beberapa halaman. Akhirnya naskahnya jadi ikut lomba. Naskah saya nggak jadi juara tapi penerbitnya tertarik untuk menerbitkannya. Yang ini naskah yang rada muda. Umurnya baru 2 tahun. Mungkin saya lagi beruntung ya?

Giganto
Ini naskah yang rada-rada ilmiah. Kebetulan saya penggemar Michael Crichton. Ceritanya tentang beberapa peneliti yang menemukan primata terbesar yang pernah dikenal di Hutan Kalimantan. Faktanya memang didasarkan pada temuan fosil Gigantopithecus blackii dan Gigantopithecus giganteus di India dan Cina. Jadi mirip-mirip Jurassic Park atau Mighty Joe Young.
Naskahnya sekarang lagi parkir di Penerbit Serambi, Jakarta. Awalnya saya menulis artikel tentang Gigantopithecus di Majalah Intisari edisi tahun 2000. Lalu saya coba kembangkan menjadi novel 200 halaman. Berarti umur naskahnya baru 5 tahun. Kayaknya ini bakalan menjadi novel saya yang paling serius hingga saat ini. mudah-mudahan saja lancar.
Previous
Next Post »

1 comments:

Click here for comments
Anonymous
admin
1:35 PM ×

bikin novel gampang, cuma nyari penerbitnya yg mau nerbitin susah... butuh sedikit keberuntungan toh...?

Congrats bro Anonymous you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar
Post a Comment
Thanks for your comment